Senin, 10 Juni 2013

Laki-Laki Simbol Kekuatan?

 
Laki-Laki Simbol Kekuatan:Yang terpikir tentang laki-laki, pasti mereka diidentikkan dengan kekuatan. Sedangkan perempuan sebaliknya, perempuan identik dengan kelemahan atau kelembutan. Beberapa hari ini saya kebetulan membaca buku-buku yang membahas otak kanan. Lho, apa kaitannya kekuatan dengan otak kanan? 

Baiklah sobat... begini analisisnya: Menurut buku Psikologi Suami Istri, di dalamya di bahas perbedaan otak lai-laki dan perempuan. Ternyata otak kanan laki-laki lebih besar debandingkan dengan otak kirinya. Sedangkan perempuan memiliki otak yang seimbang besarnya. Oleh sebab itu dalam buku ini juga dikatakan bahwa akibat keadaan tersebut, kecenderungan perempuan pada saat balita lebih cepat mampu bercakap-cakapnya. Sedangkan anak lai-laki lebih cepat pada hal-hal yang
bersifat tindakan, seperti kemampuan olahraga, dan segala bentuk kemampuan fisik. 

Sebagimana yang kita ketahui, anak laki-laki biasanya lebih aktif, urakan, dan lincah ketimbang anak perempuan. Akibat dari hal tersebut kemudian menentukan sepak terjangnya hingga mereka dewasa. Laki-laki lebih berani nekat dan mendahulukan tindakan ketimbang anak perempuan. Makanya laki-laki terkenal dengan keberaniannya, kekuatan, dan selalu identik dengan kepemimpinan.

Dalam sejarah umat manusia juga, pada akhirnya keunggulan tersebut diakui. Misalnya laki-laki adalah kepala keluarga, laki-laki adalah pelindung bagi istri dan anknya, laki-laki selalu menjadi kepala negara, laki-laki selalu dipilih menjadi pemimpin dan pemimpin selalu dikaitkan dengan kekuatan dan pengayoman. 

Semua itu terjadi pada mulanya karena kecenderungan otak kanan. Ya, saya kira laki-laki adalah cerminan penggunaan otak kanan. Lihat saja beberapa buku yang membahas otak kanan. Sikap yang digunakan oleh para pelaku otak kanan adalah sikap-sikap “kelelakian”. Misalnya nekat berbuat, berani bertindak, dan segala bentuk keberanian lainnya. Dalam buku-buku bisnis seperti yang dinyataka oleh Robert T. Kiyosaki dengan istilah kuadran kanan. Ippho santoso dalam bukunya 10 Jurus Terlarang mengemukakan betapa hebatnya penggunaan otak kanan ini. Ya... laki-laki memang begitu. 

Lihat saja misalnya ketika laki-laki ditanya bagaimana saat mereka berbelanja, laki-laki lebih berani mengambil barang-barang yang diperlukan tanpa harus resah dan pusing duluan dengan jumlah harganya nanti (meskipun sikap tersebut juga ada sisi negatifnya). Mungkin hal ini disebabkan bahwa laki-laki tidak takut kehilangan uang, karena mereka sanggup mencari banyak uang. Banyak urusan-urusan yang memerlukan tenaga dan keberanian besar selalu di-handle oleh laki-laki. Urusan mengangkat perangkat-perangkat berat, pasti diberikan kepada laki-laki. Urusan mengurusi kegiatan hingga larut malam, maka selalu ditugaskan kepada laki-laki. 

Semua ini karena laki-laki selalu ditakdirkan memiliki sepak terjang yang luas. Sementara perempuan lebih terbatas. Makanya laki-laki lebih mampu melakukan perkara-perkara besar ketimbang perempuan. Saya kira Anda para wanita yang sudah memiliki pacar atau suami (laki-laki tentunya, hehe masa lelaki) harus bersuka cita karena anda memiliki pelindung bagi anda. Begitulah Sobat... laki-laki identik dengan kekuatan. Bagaimana menurut Anda?

2 komentar: