Sabtu, 15 Juni 2013

Tips Mengatasi Rasa Malas Beraktivitas


 malas??? bagimana solusinya???
Tips Mengatasi Rasa Malas Beraktivitas: Malas adalah kondisi saat fisik dan psikis kita enggan mengerjakan suatu hal. Seringkali kita mengalami kemalasan dalam mengerjakan rutinitas keseharian. Biasanya ada beberapa penyebab munculnya rasa malas, diantaranya ada hal menarik lain yang menyanangkan, karena tugas yang mau dikerjakan terlampau banyak, atau kondisi fisik yang lesu, dan sebaginya. 

Malah malas kadang menjadi suatu sifat pada beberapa orang. Akibat dari kemalasan tersebut, banyak waktu tersia-siakan, bahkan bisa menggagalkan rencana dan tujuan besar kita. Mungkin masih lebih baik jika rasa malas ini kita alami saat memang tidak ada pekejaan yang harus
dikerjakan. Namun, jika saat banyak kewajiban dan tugas, maka rasa malas ini harus diatasi. Bagaimana mengatasi rasa malas?

Ingat Senangnya Pekerjaan Beres 
Jika kondisi malas menghambat aktivitas Anda, ada baiknya membayangkan bagaimana nikmatnya jika semua pekerjaan kita telah selesai. Maka akan timbul motivasi dalam diri untuk segera menyelesaikan pekerjaan tersebut. 

Paksakan Memulai 
Malas itu sebenarnya tidak lebih nyaman untuk dirasakan daripada proses menyelesaikan tugas itu sendiri. Sebenarnya saat malas-malasan, hati dan perasaan kita tidaklah nyaman. Apalagi di pikiran menumpuk berbagai tugas yang menuntut untuk diselesaikan. Saat rumah kita masih berantakan, belum mencuci pakaian, belum mengerjakan tugas sekolah, semua pekerjaan yang belum dikerjakan itu membuat hati tidak tenang. Lalu kemudian masalahnya kita enggan mengerjakan semua itu, dengan alasan terlalu banyak, atau malah ada acara televisi yang sangat kita sukai sehingga rasa malas itu semakin bertambah. 

Solusinya paksakan untuk memulai aktivitas itu dan hilangkan segala penghalang untuk memulai. Sebayak apapun pekerjaan kita, semua tak akan terselesaikan selama tidak dimulai. Kemudian singkirkan segala godaan yang akan menambah kemalsan, misalnya pikirkanlah bahwa tontonan menarik seperti sinetron di televisi itu udah ketebak ceritanya, atau film itu bisa saya tonton dengan beli Cdnya, dan sebaginya. Yang penting paksakanlah memulai beraktivitas yaa, Sob... 

Nikmati Aktivitas 
Di antara penyebab kemalasan adalah karena kita tidak menikmati aktivitas tersebut. Kita menganggap aktivitas tersebut sebagai pengganggu kenyamanan kita. Pikiran kita menginginkan tiduran yang lama, atau main game, dan segala bentuk kenyamanan dan kesenagan lainnya. Makanya kita memposisikan segala tugas dan rutinitas sebagai pengganggu yang arus disingkirkan. Oleh karena itu solusinya tidak lain dengan menikmati aktivitas kita. Menikmati aktivitas bisa dilakukan denngan beberapa cara: 

 Pikirkan bahwa diri kita sia-sia jika tidak melakukan apapun. 
 Bayangkan bagaimana tidak nyamannya bila pekerjaan kita tidak selesai. 
 Gunakan cara kreatif misalnya bersih-bersih rumah sambil mendengarkan musik nge-bit, mengerjakan tugas ditemani secangkir teh atau kopi, dan lain-lain. 
 Ingat bahwa badan yang sering beraktivitas akan lebih sehat. 
 Semakin banyak melakukan aktivitas yang bermanfaat, semakin meningkat pula kualitas diri. 

Kerjakan Satu Per Satu 
Bila pakerjaan kita banyak dan serasa menumpuk, maka bisa menyebabkan kita bingung mulai dari mana. Akhirnya memutuskan untuk diam dan mengerjakan pekerjaan lain yang menurut kita lebih menyenagkan. Jadinya tertunda terus deh... 

Pekerjaan tidak akan selesai bila kita tunda-tunda. Kerjakanlah satu per satu. Just do it, Kawan!!! Kerjakan saja langsung mulai dari apa yang terpikir dan paling bisa dikerjakan waktu itu juga. Secara perlahan tapi pasti, semua pekerjaan kita terus berkurang jika dijalani, yang pada akhirnya gak terasa.. Selesai deh... 

Itu beberapa tip dari saya dalam mengobati rasa malas untuk mengerjakan aktivitas kita sehari-hari, Sobat.... malas adalah penyakit, jadi harus diobati secepatnya. Bagaimana menurut Sobat??

2 komentar: